-->

Pesona Wisata Pantai Kartini - Kota Jepara

Pesona Wisata Pantai Kartini - Kota Jepara
Kura-kura Ocean Park

Jalan – Jalan sambil mencari pengalaman baru, itu adalah salah satu tujuan dari Indah wisataku, yang juga selalu menulis hasil penjelajahanya untuk di jadikan informasi untuk sahabat semua, dalam pekan lalu Indah Wisataku telah berjalan – jalan ke Kota yang tidak berada jauh dari Kota semarang, tepatnya kota Jepara.

Jepara adalah sebuah kota kecil yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selama ini yang kita tau kota Jepara terkenal dengan kerajinan kayu ukir yang khas dan terkenalnya itu bahkan sampai ke Luar Negeri. Akan tetapi siapa sangka jika ternyata Jepara juga memiliki Tempat wisata alam yang terkenal dan sayang jika Anda melewatkan informasi wisata ini. Salah satu Tempat wisata yang ada Di Kota Jepara ini adalah Pantai Kartini.


Asal – Usul Pantai Kartini 

Pantai Kartini di Kota Jepara adalah kota kelahiran pahlawan R.A Kartini, dan dari cerita masyarakat, Dahulunya R.A Kartini beserta saudaranya sering berkunjung ke Wisata ini Jadi oleh pendahulu untuk memberikan suatu penghormatan kepada beliau akhirnya pantai ini dinamakan dengan sebutan Pantai Kartini, Dan juga Kota Jepara juga memiliki kekayaan budaya yang unik salah satunya kerajinan kayu yang terkenal sampai sekarang, dan juga akan keindahan wisata dan pesona alamnya. Kota Jepara memiliki banyak objek wisata yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota ini, dan diantara objek wisata tersebut berupa objek wisata alam yang indah dan asri. Ada satu objek wisata dikota Jepara yang menduduki tingkat paling atas dengan pengunjung yang begitu banyak adalah wisata Pantai Kartini. 

Sepanjang Pantai Pasir Putih

 

Pesona Wisata Pantai Kartini

Pantai Kartini memiliki keindahan Pantai Pasir yang putih dan ombak yang tenang mengingat pantai ini berasal dari laut jawa yang ombaknya lebih relative rendah dari pada laut selatan yang memiliki ombak yang tinggi. Pantai ini cocok dikunjungi sebagai tempat wisata dengan pacar, sahabat bahkan wisata keluarga. Pantai Kartini Selain menawarkan keindahaan Spot panorama alami pantai, ada juga beberapa fasilitas wahana wisata yang tersedia di pantai ini.
Beberapa fasilitas Wahana - wahana tersebut antara lain seperti Kura-kura raksasa Ocean Park, wahana bermain anak-anak, spoor mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam pakecehan, dan masih banyak lainnya. Selain wahana ini, pemerintah setempat juga akan membangun wahana lain seperti wave house, rumah bajak laut, bianglala, mini bumper boat, kapal pesiar mini, dan lain-lain.

Dari sekian banyak wahana wisata yang ada, ada salah satu wahana yang terkenal dan banyak diminati oleh para wisatawan adalah Kura-kura Ocean Park. Kura-kura Ocean park adalah sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura. Dibangunnya Kura-kura Ocean Park ini adalah sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam. Untuk bisa masuk ke dalam wahana ini Anda diwajibkan membeli tiket masuk seharga 17.500 Rupiah per orang itu adalah pada hari libur nasional dan kalau anda berkunjung pada waktu bukan hari libur hanya 5.000 Rupiah per orang.

Bangunan Kura-kura Ocean Park ini terdiri dari dua lantai. Di mana lantai pertama di bagian depan digunakan sebagai kantor para pengelola, dan di lantai 1 ini juga terdapat beragam stand yang mejual souvenir khas Jepara bagi Anda yang berminat untuk membawa cindera mata atau oleh-oleh khas jepara yang bisa anda bagi ke kerabat, teman kerja, dan keluarga yang ada di rumah.
Di bagian dalam lantai 1 terdapat taman laut yang terdiri dari sebuah akuarium super besar dengan lorong misteri bawah laut. Dari dalam lorong tersebut Anda bisa melihat kehidupan bawah laut dengan berbagai ikan berukuran besar layaknya tepat wisata yang ada di kota Jakarta yaitu Sea Word. Ikan-ikan yang dapat Anda lihat di lorong ini antara lain Hiu, Dotty Back, Angel Fish, Pari, Giant Trafelly, Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Mimi & Mintuna, Buntal, penyu dan juga terumbu karang. Selain aquarium super besar juga terdapat aquarium dinding sebanyak 12 buah dan 4 buah aquarium portable yang berisi beragam ikan air laut dan tawar yang berukuran kecil. Tersedia juga papan informasi touch screen yang akan membantu Anda mengenal lebih jauh tentang Jepara.

Di lantai ini juga terdapat sebuah touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura. Anda diijinkan untuk menyentuh kura-kura jinak yang ada di kolam ini. Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi fish spa bisa merendamkan kaki Anda di kolam fish spa yang berisi ribuan ikan Garra Rufa dari Turki.
Sedangkan di lantai 2, Anda akan disuguhi Jepara Sciece Park yang terdiri dari Papan Kreatif, Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak, Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, Simulator Pesawat Terbang, dan lain-lain. Di lantai ini juga Anda bisa menikmati pertunjukan IMAX Deep Sea 3D yang menarik.

Pantai Kartini


Lokasi Wisata Pantai Kartini

Pantai kartini terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah Indonesia. Pantai ini berlokasi 2,5 km ke arah barat Dari Pusat Kabupaten Jepara. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena berada di jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Pantai Kartini dapat diakses melalui kota Semarang. 


Rute Perjanan Dari Kota Semarang
Dari Semarang ambilah rute Semarang – Demak – Jepara.
Perjalanan darat ini dapat Anda tempuh menggunakan motor atau mobil. Jika Anda ingin memiliki waktu yang lebih bebas maka sebaiknya membawa atau merental mobil dari Semarang karena curah cuaca yang tidak menentu di Khawatirkan akan hujan.

Sesampainya di Pantai Kartini nanti Anda akan menemui dua gerbang pintu masuk. Gerbang pintu masuk yang pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini. Wisatawan yang melalui gerbang ini biasanya akan menuju Karimun Jawa. Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini. Nah, nantinya Anda harus masuk melalui gerbang kedua.
Untuk bisa masuk ke Pantai Kartini Anda harus membayar biaya retribusi sebesar 5.000 Rupiah masing-masing orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, atau bus mulai dari 2.000 Rupiah sampai dengan 12.500 Rupiah. Biaya parkir ini tergantung dari kendaraan apa yang Anda bawa.

Nah sahabat diatas adalah sedikit penjelasan Tentang Tempat wisata yang ada di kota jepara yang salah satunya adalah wisata Pantai Kartini, semoga informasi yang Indah Wisataku berikan akan menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda, dan menjadi sebuah gambaran sebelum anda menentukan kemana perjalanan wisata yang akan di pilih, dan jangan lupa terus mengunjungi Indah Wisataku Ini, dan juga untuk anda yang ingin berbagi hasil sehabis berwisata sahabat juga di persilahkan untuk menUpload Fotho wisatanya ke instagram Dengan Cara pada Upload Fotho ke Instagram diberikan #indahwisataku.





author-pic Rilo Pambudi
Saya adalah seorang yang menyukai dengan hal yang baru dan tantangan, bekerja sebagai pegawai suwasta dan menyukai dunia internet serta suka menulis di setiap kegiatan yang saya lakukan .