-->

Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Nglambor - Gunung Kidul

Keindahan Alam Bawah Laut Pantai Nglambor - Gunung Kidul

Sahabat Indah Wisataku Jumpa lagi kami dengan update informasi tempat wisata yang menarik yang ada di Indonesia, pada kali ini kita akan mengulas sebuah tempat wisata yang cukup menarik untuk kita ketahui yang lokasinya di wilayah Kabupaten Gunungkidul, tempat wisata ini sudah cukup terkenal terlihat dari banyaknya pengunjung yang berdatangan dari beragam kota bahkan mancanegara kewisata ini, pantai baru dengan tampilan yang masih asri dan alami. Pantai yang menawarkan destinasi snorkeling ( menyelam )  bersama ikan-ikan laut yang  dapat Anda lakukan di Pantai Nglambor.


Pesona Wisata Eling Bening Yang Indah  

Bergaris batas langsung dengan Laut Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling. Akan tetapi berbeda dengan Di Pantai Nglambor yang terletak di Kabupaten Gunungkidul ini tempatnya yang agak tersembunyi  tetapi akan memberikan sajian keindahan alam yang tersendiri. Pantai Nglambor yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya ini, seperti terumbu karang dan ikan – ikan yang indah dan pastinya bisa kita buat sebagai biground foto yang cantik.



Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.
Di Pantai Nglambor ini wisatawan dapat melakukan menyelam atau snorkeling ke bawah laut dengan menggunakan peralatan snorkel yang bisa anda bawa dari rumah atau menyewa di tempat wisata ini. Karena ditempat wisata ini Jika Anda tidak mempunyai peralatan snorkel, Anda dapat menyewanya di penyewaan alat-alat selam (snorkel) yang ada di Pantai Nglambor tersebut  dengan biaya sewa yang tidak cukup mahal.



Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang dijadikan sebagai konservatif flora dan fauna pantai.
Pemandangan cantik yang tertutup ombak ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Bahkan kawasan pantai ini merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya. Tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun juga dilakukan di pantai ini. "Ngalangi" dalam bahasa Jawa berarti menghalangi atau melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun untuk menangkap ikan di kawasan pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun hanya bisa dilakukan dengan menggunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat. Oleh sebab itu di pantai ini terdapat terumbu karang yang sangat cantik serta ikan-ikan laut yang lucu. Jadi saat Anda berenang ataupun menyelam juga bermain di Pantai Nglambor ini, sangat di harapkan Anda untuk berhati-hati agar tidak merusak keindahan alam terumbu karang dan selalu menjaga kebersihan.


Wisata Oemah Bamboo Dilereng Gunung Merapi New Selo 


Pantai Nglambor yang belakangan ini sangat ngehits di social media terutama pada kalangan anak muda ini kerana mempunyai pesona keindah bawah laut yang fantastis. Untuk mengetahui pesona apa saja di Pantai Nglambor Gunung Kidul, anda bisa berkunjung langsung pada jam kerjanya, antara jam 07.00 – 17.00



Biaya Snorkeling di Pantai Nglambor

Penyewaan perlengkapan snorkeling yang ditawarkan oleh BNS cukup terjangkau dikantong kita, Anda hanya cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000,00/Orang maka anda sudah bisa melakukan menyelam kebawah laut atau snorkeling dengan nyaman dan aman dan apabila anda masih belum berpengalam dalam snorkeling anda bisa meminta penjelasan terlebih dahulu pada tempat penyewaa tersebut.

Pesona Wisata Baru - Top Selfie Hutan Pinus Kragilan Yang Indah

Lokasi Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah sebuah pantai eksotis yang terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Wikipedia
Alamat: Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, IndonesiaUntuk menuju ke pantai ini, dapat di tempuh dari jalan utama Jogja-Wonosari.



Ringkasan Biaya Ke Pantai Nglambor


Parkir Motor Rp. 5.000
Parkir Mobil Rp. 2.000
Jasa Ojek Rp. 5.000
Sewa alat snorkel Rp. 5.000
Buka setiap hari Rp. 35.000 - Rp. 50.000









author-pic Rilo Pambudi
Saya adalah seorang yang menyukai dengan hal yang baru dan tantangan, bekerja sebagai pegawai suwasta dan menyukai dunia internet serta suka menulis di setiap kegiatan yang saya lakukan .